TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. Mahir Microsoft Word 365
1. Mengenal fitur office 365
Microsoft 365 adalah produk layanan pengelolaan dokumen dengan offce berbasis cloud computing,yang tidak membutuhkan instalasi pada komputer terlebih dahulu.Layanan ini menerapkan model software as a services(SaaS),dengan layanan utamanya adalah cloud apps.Cloud apps dapat dimanfaatkan untuk mendukung rutinitas user,seperti pengelolaan e-mail dan pekerjaan kantor(office).
2. Lisensi Microsoft 365
Microsoft selaku developer dari microsoft 365 menawarkan beberapa paket lisensi berbayar bagi para penguna yang akan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.Microsoft 365 memiliki beberapa pilihan lisensi,yaitu sebagai berikut.
a. Kategori pelajar dan pengajar
Untuk kategori pelajar dan pengajar,bisa memperoleh layanan secara geratis dari microsoft 365 dengan syarat melakukan sign in mengunakan e-mail resmi sekolah yang bersifat sah(legal)dan tidak dalam tahap percobaan atau trial. Untuk menggunakan fitur ini,anda dapat mengakses situs https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office.
b. Kategori Home
Lisensi ini disediakan oleh microsoft untuk user dengan pegunaan di rumah(home).Ada tiga level lisensi yang dapat di pilih,yaitu level family,personal,dan level office home and student 2021.
c. Kategori BisnisLisensi ini disediakan untuk user dengan penggunaan di lingkungan bisnis atau kerja.microsoft 365 kategori bisnis memiliki fitur dan kapasitas penyimpanan lebih besar.Ada empat level lisensi yang dapat dipilih,yaitu microsoft 365 Business Basic,Micrososft 365 Business Standard, Microsoft 365 Business premium,dan Aplikasi Microsoft 365.
Tampilan Antarmuka Microsoft Word
- Utuk memualai dokumen baru microsoft word,pastikan anda telah login ke dalam sistem menggunakan username yang buat anda sebelumnya.Dalam contoh praktik ini,dijelasakan dengan akun student.
- klik ikon word,kemudian anda akan dibawa kedalam interface word.
- pada dasarnya,interface microsoft word 365 mirip dengan versi 2016 dan 2013, meski ada beberapa fitur tambahan.
- Klik New - Blank Document.
5. Setelah berhasil membuat dokumen baru,Anda akan mendapati tampilan word yang mirip dengan aplikasi word pada umumnya.Beberapa kategori menu dalam word,antara lain:
- Quick Access Toolbar
- Ribbon
- Perintah grup
- Panel Dokumen
- Ruler
- Tell me what you want to do
- Microsoft Account
- Simplified Ribbon
- Scroll Bar
- Page dan Word Count
- Documen Views:Memiliki tiga mode untuk menampilkan dokumen,yaitu:
- Editing View.
- Reading View.
- Immersive Reading.
- Zoom Control.
4. Menulis paragraf dengan word
Untuk membuat paragraf dengan word,lakukan langkah-langkah berikut :
a. Login terlebih dahulu dengan akun yang pernah anda daftarkan.
b. untuk pengaturan dokumen,gunakan ketentuan sebaga berikut:
- Ukuran kertas=A4
- Ukuran font=12pt
- Jenis font=Arial
- Spasi paragrap=1,5lines
- Aligment=justify
- Margin kiri=3 cm(1,18")
- Margin kanan=2 cm(0,79")
- Margin atas=3 cm(1,18")
- Margin bawah=2 cm(0,79")
e. Atur lembar spasi antarbaris dalam paragraph dengan Home-grup ribbon paragraph-klik tanda panah di pojok kanan bawah.
f. Selanjutnya,atur nilai Spacing Before=0 pt,After=0 pt, Line Spacing=1,5 lines,Aligment=justified,kemudian klik OK.g. Untuk mengatur magrin kertas,klik menu page Layout-margins-Custom margins.
h. Ubah nilai margin atas,bawah,kiri,dan kanan seperti dalam gambar berikut.
i. Selanjutnya,ketikkan paragraf berikut.j. Selamat,Anda telah berhasil membuat dokumen untuk pertama kali.a. Buka kembali dokumen latihan1.docx yang sebelumnya telah di buat dengan microsoft 365.
b. Blok judul paragraf sehingga menjadi tebal dan berwarna biru,caranya tempatkan kursor pada awal kalimat,kemudian tekan timbol Shift dan geser kursor dengan menekan tombol End agar sampai pada posisi akhir kalimat.Cara lainnya adalah dengan menggunakan mouse.Klik awal kalimat,tahan tombol dan geser hingga ke akhir kalimat.
c. Untuk menggunakan style teks menjadi bergaris bawah,gunakan kombinasi tombol Ctrl+U(atau tekan ikon underlini).Adapun untuk mencetak miring,gunakan kombinasi Ctrl+I(atau tekan ikon italic).
d. Untuk meng-copy dan mem-paste-kan teks,blok terlebih dahulu teks yang akan di-copy menggunakan Ctrl+C(tekan ikon Copy).Setelah itu,pindahkan kursor menggunakan tanda panah atau mouse,tekan kombinasai tombol Ctrl+V(tekan ikon paste)
e. Adapun untuk memindahkan teks tertentu,dapat dilakukan dengan cara cut dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl+X( ikon cut)kemudian paste menggunakan Ctrl+V(ikon paste)
f. Jika anda membuat kesalahan dalam teks,anda dapat membatalkannya dengan fungsi Undo(mengeklik ikon undo atau menekan tombol Ctrl+Z).Jika anda mengulang perintah yang telah dibatalkan sebelumnya,dapat mengunakan fungsi Redo(mengeklik ikon redo atau menekan tombol Ctrl+Y).
g. Berikut adalah beberapa kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk melakukan pengeditan teks.
h. Untuk melakukan pencarian kalimat tertentu dalam sebuah dokumen,dapat menggunakan kombinasi Ctrl+F atau menggunakan shortcut ribbon View-Navigation pane.
6. Menambahkan Header dan Footer
Fitur header digunakan untuk menambahkan informasi di bagian paling atas dokumen,contohnya kop surat.Ada pun fitur footer digunakan untuk menambahkan informasi di bagian paling bawah dokumen,contohnya catatan kaki dan nomor halaman.
a. Untuk menambahkan header dan footer,klik ribbon View-Header&Footer atau bisa mengeklik insert-Header&footer.
b. Ketikan"Tutorial Pengenalan Komputer"yang akan digunakan sebagai header.
c. Selanjutnya pada footer,tambahkan nomor halaman dengan mengeklik Insert-Page Numbers.Tentukan format page number yang akan di terapkan.
d. Pada micosoft 365,Tampilan header dan footer memang tidak langsung terlihat,berbeda dengan word versi office(hasil intalasi).
7. Menambahkan Tabel dan Gambar ke dalam Dokumen
Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom.Data yang disimpan dalam tabel,dapat berupa karakter,gambar,audio,ataupun vidio.Untuk membuat tabel yang berisi karakter dan gambar dalam microsoft word 365,langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
a. Tambahkan tabel dengan 3 kolom dan 3 baris di bawah paragraf utama.klik Insert - Table,Kemudian,tentukan format tabel dengan 3 kolom dan 3 baris.
b. Selanjutnya, buat desain dan konten dalam tabel seperti pada gambar berikut.
B. Terampil microsoft excel 365
Aplikasi prngolah angka merupakan software yang dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia dalamm bidang pennghitungan,pengelolaan,dan penampilan informasi dalam bentuk angka.,grafik ,diagram,dan pencetakan .
1.quick acces toolbar
Quick acces toolbar merupakan kumpulan ikon atau tombol shortcut yang sering digunakan dalam ekscel ,seperti new,open,save,save as,print preview
2.Title
Title merupakan judul dokumen atau nama file excel
3.Ribbon
Ribbon merupakan deretan tab yang tersusun berdasarkan kategori fitur yang sudah dikelompokan
C. Menyajikan presentasi dengan microsoft power poin 365
Microsoft PowerPoint adalah salah satu produk keluaran microsoft yang dibuat untuk membantu user dalam menyajikan informasi berbasis multimedia,seperti gambar, teks, suara, ataupun video dan animasi. Berikut adalah beberapa kelebihan penggunaan aplikasi PowerPoint.
1. Menyediakan fitur multimedia dalam presentasi seperti penggunaan warna,teks,gambar,animasi,suara,dan video.
2. Dapat memotivasi para audiens nya dalam mencerna dan berkonsentrasi dalam mengikuti sajian informasi yang disampaikan.
3. Informasi yang disampaikan lebih cepat dipahami dan dicermati oleh audiens.
4. Dapat memberikan visualisasi yang lebih baik dengan tampilan gambar dan simulasi data.
D. komunikasi daring
1. Jenis komunikasi daring
Komunikasi adalah metode menyamoaikan metode ide atau gagasan kepada orang lain melalui media tertentu .
a.Komunikasi daring secara singkron (serempak) .
Komunikasi daring secara singkron adalah jenis komunikasi digital yang di lakukan dalam waktu yang bersamaan oleh pengirim data dan penerima data (reall-time ) .
b.Komunikasi daring secara asingkron (tidak serempak).
Komunikasi daring secara assingkron adalah jenis komunikasi digital yang d lakukan secara tidak langsung atau mengalami masa jeda ( tunda ) .
2-e-mail
e-mail merupakan kependekan dari elektronik mail.dalam bahasa indonesia e-mail dapat di katakan sebagai surat elektronik atau surel .
fptmat alamat e-mail memiliki struktur sebagai berikut
a. Akun e-mail @server . domain misalnya = smk bisa e-mail com
b. Penjelasan dari format alamat e-mail tersebut adalah sebagai berikut =
-smk bisa e-mail com adalah identitas atau akun e-mail yang terdaftar pada server e-mail
-@mrnunjukksn format standar alamat e-mail yang merujuk pada pengalaman sebuah domain tertentu .
-gmail merupakan nama provider server e-mail yang menyediakan layanan mail box bagi user yang terdaftar .
-com merupakan domain paling atas (top domain ).
E. Teknologi Cloud
1. Media Penyimpanan Cloud
Layanan penyimpanan data melalui internet dengan sistem cloud berkembang dengan pesat. Beberapa layanan cloud yang banyak digunakan, antara lain Dropbox, google drive, mega.nz, dan AWS Amazon.
2. Membuat Vlog Di Youtube
Selain teknologi blog yang populer digunakan untuk mengekspresikan ide atau pemikiran, sekarang ini muncul tren baru yang dikenal dengan nama vlog. Vlog merupakan perpaduan dua istilah, yaitu video dan blog.
3. Google Form
Google form merupakan layanan yang memungkinkan user membuat form berisi sejumlah pertanyaan dan kolom isian seracara online. Tujuannya adalah memudahkan pengisian data yang dibutuhkan oleh suatu institusi atau organisasi pada setiap pelanggan atau anggotanya melalui sambungan internet.
4. Menerapkan e-learning Dengan Google Classroom
E-leaning adalah metode pembelajaran berbasis elektronik dengan memanfaatkan internet sebagai sarana utama bagi peserta didik dan guru saling berinteraksi. Dalam perkembangannya, ada dua persepsi dasar e-learning, yaitu sebagai berikut.
a. Electronic based e-learning
Electronic based e-learning adalah metode pembelajaran berbasis IT dengan memanfaatkan media digital, baik secara online maupun offline.
b. Internet based e-learning
Internet based e-learning adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media utama nya.
F. Teknik Grafis Dan Video Editing
1. Definisi dan Konsep Grafis
Desain grafis atau seni mendesain gambar merupakan salah satu cabang dari ilmu seni rupa, yang lebih condong dalam pemolesan tekstur warna dan bentuk objek dalam kanvas.
Desain grafis dapat diterapkan pada beberapa jenis media seperti berikut.
a. Media digital/elekronik seperti smartphone, komputer, laptop, televisi, flim, dan lain nya.
b. Media cetak seperti sampul buku, brosur, stiker, majalah, dan koran.
c.Media eksternal yang di tampilkan dalam ukuran besar dan berisi teks dan gambar, yang dipajang pada ruang terbuka sehingga memudahkan pembaca melihat dan membacanya.
2. Teknologi Scanning Dan Printing
Scanning memiliki arti membaca atau memindai secara seksama fisik, wujud, dan tampilan sebuah benda. Penerapannya dapat dilihat dalam bidang kesehatan, otomotif, teknologi informasi, sistem penjualan, dan lain nya. Adapun printing memiliki arti mencetak atau menampilkan data berupa teks, gambar, atau grafik dalam bentuk cetakan pada kertas atau media lainnya.
3. Fotografi
Fotografi berasal dari gabungan istilah bahasa yunani, yaitu photos atau cahaya dan grafo atau menulis/melukis.
4. Video Editing
Video adalah teknologi digital yang merupakan gabungan atau kombinasi dari satu atau lebih gambar digital (Mati) yang di tata ulang, di proses, dan di transmisikan sehingga membentuk gerakan atau motion dalam waktu dan frekuensi kecepatan tertentu, yang dilengkapi dengan efek audio atau suara.
Komentar
Posting Komentar